Ragam Kuliner di Jawa Tengah yang Paling diincar Wisatawan || Getuk Goreng Sokaraja Ada Disini lho... - Kata Bojezs
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Kuliner di Jawa Tengah yang Paling diincar Wisatawan || Getuk Goreng Sokaraja Ada Disini lho...


Selain sebagai salah satu destinasi wisata, Jawa Tengah juga dikenal sebagai tempat untuk wisata kuliner yang mana memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat menggoda. Ada beberapa ragam kuliner di Jawa Tengah yang bisa teman – teman nikmati karena memiliki cita rasa yang sangat lezat dan enak.

Tahu Petis

Tahu petis adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari olahan tahu yang mana sangat seringkali dijadikan sebagai cemilan dan juga lauk. Tahu petis adalah jajanan khas dari kota Semarang yang berupa tahu goreng dengan cara memakannya dioleskan/dicampur dengan petis. Bahan yang digunakan untuk proses pembuatan tahu petis ini adalah tahu dengan saus hitam petis. Dan tahukah anda jika petis ini sendiri biasanya terbuat dari bahan udang yang dimasak secara terus menerus sehingga menjadi kental. Dan rasanya sangat enak.

Tempe Mendoan

Sebenarnya tempe mendoan ini hampir sama dengan tempe goreng yang kemudian dilumuri dengan bahan tepung yang sudah diolah. Hanya saja untuk membuat agak berbeda antara tempe dan mendoannya terletak pada bahannya pembuatan tempenya saja.

Mendoan sendiri sebenarnya adalah makanan yang menggunakan minyak panas yang cukup banyak dan dimasak cepat sehingga membuat tempe tidak terlalu matang. Walaupun tidak matang, namun rasanya memang benar-benar enak sehingga teman – teman tak perlu khawatir dengan rasanya. Karena tempe ini memiliki rasa yang nikmat.

Info menarik lainnya:
Tempat Wisata Terbaik Baturraden Dengan Spot Yang Menawan 
6 Objek Wisata Populer di Dieng

Nasi Gandul

Nasi gandul / sego gandul adalah salah satu jenis makanan yang sangat sering juga disebut dengan nasi uduk ini memiliki cara penyajian yang unik dimana anda bisa menggunakan daun pisang. Nasi gandul adalah masakan khas berasal dari Pati, Jawa Tengah. Nasi Gandul juga memiliki cita rasa yang enak dan gurih sangat cocok anda makan saat sarapan.

Untuk proses pembuatan nasi ini juga ditambahkan dengan daun pandan sehingga memiliki aroma nasi yang sangat nikmat dan menggugah selera. Biasanya nasi gandul ini disajikan dengan tambahan dari lauk seperti daging sapi olahan sehingga bisa memberikan rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Dawet Ireng

Dawet ireng berasal dari daerah Purworejo. Dawet ireng sangat berbeda dengan jenis dawet pada umumnya yang memiliki warna hijau. Dawet ini memiliki warna hitam pekat. Warna yang dihasilkan dawet ini sebenarnya diperoleh dari bahan alami abu jerami.

Walaupun pembuatannya dari abu jerami, maka anda tak perlu khawatir dengan rasanya. Karena dawet ini terbukti mampu memberikan rasa yang nikmat dan saat disantap dapat memberikan sensasi yang sangat menyegarkan. Dalam proses penyajiannya menggunakan gula jawa sehingga bisa memberikan rasa semakin lezat.

Brekecek

Brekecek adalah salah satu jenis makanan khas dari Cilacap, Jawa Tengah yang sama sekali tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Brekecek terbuat dari bahan dasarnya adalah ikan pathak jahan. Namun tak jarang ada yang membuat brekecek dari kepala ikan laut jahan.

Sebenarnya makanan ini sudah cukup populer di jawa barat bahkan sudah banyak dikenal oleh warga lokal dan wisatawan asing yang datang. Hal ini tentu saja karena Brekecek memiliki rasa yang lezat dan membuat teman – teman ketagihan.

Nasi Grombyang

Nama dari makanan ini berasal dari cara menyajikannya, karena kuahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan isinya. Sehingga membuat nasi ini terlihat gombyang ataupun bergoyang. Makanan khas ini berasal dari Pemalang Jawa Tengah.

Nasi ini sendiri terbuat dari daging kerbau dengan bahan utamanya nasi. Daging dan kuahnya diracik dengan bumbu yang sangat bervariasi. Sehingga bisa memberikan rasa yang sangat lezat dan enak jika teman – teman mencicipinya. Nasi ini juga biasanya disajikan dengan menggunakan kuali dengan ukuran yang sangat besar dan tempat nasi yang ditutupi dengan kain merah.

Garang Asem

Garang asem adalah salah satu jenis makanan dengan bahan olahan utamanya adalah ayam. Ayam ini dimasak dengan santan. Pertama ayam dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan daun pisang kemudian dimasukkan santan. Garang asem ini memiliki rasa yang cukup pedas dan asam sehingga sangat lezat jika anda nikmati. Dan harus anda ketahui juha jika garang asem ini akan lebih sedap jika disajikan dengan nasi yang didampingi dengan perkedel, tempe dan ayam asam manis.

Getuk Goreng

Beberapa diantara anda mungkin sudah sangat sering mendengar nama getuk. Namun ada hal yang membedakan getuk yang ada di Jawa Tengah. Getuk ini diproses dengan tahap penggorengan. Hal inilah yang akhirnya membuat getuk Jawa Tengah menjadi salah satu getuk berbeda dan memiliki cita rasa yang lezat, gurih dan manis.

Selain Mendoan, bila teman-teman sedang berkunjung ke Purwokerto, Jangan sungkan untuk mencicipi cemilan khas kota ini yang lain berupa Getuk Goreng. Cemilan ini sudah sangat populer dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh oleh para pengunjung yang sedang berlibur di Purwokerto untuk keluarga yang ada di rumah, teman kantor, atau teman tongkrongan karena pasti akan menambah kenikmatan tersendiri bila sedang berkumpul bersama minum teh atau kopi dengan nyemil Getuk Goreng ini..

Bagi yang ingin menikmati tidak perlu khawatir untuk memesan cemilan ini, teman-teman juga bisa memesan dengan beberapa varian rasa, kalian bisa memesan langsung bisa melalui telpon, sms, atau WA, sampaikan saja apa yang kalian ingin pesan [[[Order Getuk Goreng]]]



Getuk Rasa Pandan, yang belum digoreneg
Getuk Rasa Pandan, yang siap kita santap



Itulah beberapa ragam kuliner di Jawa Tengah yang sangat wajib untuk teman – teman  cicipi jika anda berencana untuk ke Jawa Tengah.



ARTRENTTOUR OUTDOOR & HOLIDAY

Sedia =

》Sewa Alat Outdoor seperti Alat Camping dan Alat pendakian Gunung 

》Sewa Mobil Pribadi, Mobil Elf, dan Bus Pariwisata

》Paket Open Trip Pendakian Gunung dan Paket Wisata

🏢Alamat Kios Lapangan Ajibarang Wetan no 5 Kec. Ajibarang, Kab Banyumas

📳 WA 0856-0050-0572 // WA.me


Selamatkan generasi kita dari bahaya kurang Piknik