Cari Destinasi Wisata Alam Menarik? Inilah 6 Objek Wisata Populer di Dieng - Kata Bojezs
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Destinasi Wisata Alam Menarik? Inilah 6 Objek Wisata Populer di Dieng


Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Dieng bukan? Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak di Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan ini memang sangat terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan memanjakan mata. Nah, penasaran dengan objek wisata apa saja yang terdapat di kawasan Dieng Plateau? Berikut 6 objek wisata populer di Dieng.


Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan objek wisata andalan di kawasan Dieng. Bukit Sikunir menyuguhkan panorama menakjubkan berupa pemandangan matahari terbit atau yang biasa masyarakat kenal dengan golden sunrise. Disebut demikian karena ketika matahari terbit warnanya merah keemasan. Untuk bisa menikmati panorama yang indah ini teman-teman disarankan berangkat menuju Sikunir selepas subuh.

Dalam mencapai bukit ini teman-teman harus sedikit berjuang menaiki tangga bukit yang cukup tinggi. Walaupun sedikit melelahkan dalam menapaki tanah berundak-undak disertai dengan udara dingin, namun hal tersebut dapat terbayarkan dengan indahnya pesona pemandangan alam yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk menikmati golden sunrise di Bukit Sikunir ini adalah antara bulan Juli dan Agustus ketika musim kemarau dimana langit akan tampak bersih dan matahari tidak tertutupi kabut ataupun awan.

Sunrise Bukit Sikunir
Sunrise Sikunir

Gardu Pandang Tieng


Tidak kalah dengan Bukit Sikunir, Gardu Pandang Tieng juga merupakan salah satu tempat yang ideal untuk melihat matahari terbit di Dieng. Gardu Pandang Tieng ini memang sebuah bangunan yang sengaja dibangun di tepi jalan raya Kawasan Dieng. Dari bangunan yang memiliki ketinggian 1700 dpl ini teman-teman dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang. Selain itu, di bawah bukit juga dapat dilihat hamparan lahan pertanian subur yang indah dan rapi milik masyarakat sekitar.

Gunung Prau

Nah, bagi teman-teman yang memiliki hobi mendaki gunung, maka Gunung Prau ini merupakan salah satu destinasi yang tepat ketika berkunjung ke kawasan Dieng. Sesuai dengan namanya, Gunung Prau memiliki bentuk memanjang menyerupai sebuah perahu. Ketinggian puncaknya hanya 2.565 mdpl tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya. Namun jangan salah, Gunung Prau memiliki keistimewaan tersendiri dan pemandangan yang tak kalah menakjubkan, lho.

Salah satu spot menarik di Gunung Prau adalah bukit teletubbies. Bukit tersebut merupakan hamparan padang rumput hijau yang menyerupai bukit teletubbies di serial televisi anak-anak. Selain itu, pemandangan sunrise dan sunset di puncak Gunung Prau juga sangat mempesona. Terdapat dua jalur pendakian yang dapat ditempuh, yaitu dari Kendal ataupun dari Desa Patak Banteng di Kawasan Dieng.

Kawah Sikidang

Objek wisata populer di Dieng selanjutnya yang wajib untuk teman-teman kunjungi adalah Kawah Sikidang. Mengingat Dieng merupakan gunung api raksasa yang masih terdapat aktivitas vulkanik di dalamnya, maka tidak heran apabila di kawasan ini terdapat beberapa kawah. Kawah Sikidang memiliki luas sekitar 200 m2 dan erat kaitannya dengan legenda Pangeran Kidang Garungan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Di area ini teman-teman bisa melihat indahnya Kawah Sikidang sebagai salah satu tanda dari aktivitas vulkanik Dieng. Namun teman-teman juga harus berhati-hati karena di kawah mengandung kadar belerang yang tinggi sehingga panas dan bau belerang yang menyengat bisa dirasakan dalam radius tertentu. Pengunjung disarankan untuk membawa masker di area ini.

Telaga Warna

Telaga Warna Dieng menjadi populer dikunjungi wisatawan karena keunikannya. Berbeda dengan telaga pada umumnya, Telaga Warna Dieng ini memiliki warna air yang dapat berubah-ubah. Terkadang permukaan airnya berwarna merah, biru, hijau, putih, hingga lembayung. Fenomena unik ini terjadi karena air di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi, dimana ketika terkena cahaya matahari maka akan menghasilkan warna yang berbeda-beda. Telaga Warna Dieng ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto.

Candi Arjuna

Selain kaya dengan wisata alam, ternyata Dieng juga kaya akan wisata budayanya, lho. Salah satu wisata budaya yang dapat teman-teman kunjungi adalah Kompleks Percandian Arjuna. Terdapat beberapa candi di kompleks ini, seperti Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, dan sebagainya.

Candi-candi tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa. Di kompleks percandian ini terdapat 5 buah candi yang saling berjajar lurus. Pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis dan cocok bagi teman-teman dengan hobi fotografi.


Demikian tadi 6 objek wisata populer yang berada di Dieng yang bisa kalian kunjungi saat liburan dan selalu pastikan saat berkunjung baterai kamera dan ponsel teman-teman terisi penuh karena banyak spot menarik untuk berfoto ditempat ini dan selalu ingat jagalah selalu kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan ya...



ARTRENTTOUR OUTDOOR & HOLIDAY

Sedia =

》Sewa Alat Outdoor seperti Alat Camping dan Alat pendakian Gunung 

》Sewa Mobil Pribadi, Mobil Elf, dan Bus Pariwisata

》Paket Open Trip Pendakian Gunung dan Paket Wisata

🏢Alamat Kios Lapangan Ajibarang Wetan no 5 Kec. Ajibarang, Kab Banyumas

📳 WA 0856-0050-0572 // WA.me


Selamatkan generasi kita dari bahaya kurang Piknik